Kalianda, 04/11/2022 – Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) adalah Satuan Kerja Perangkat Daerah atau Unit Kerja pada Satuan Kerja Perangkat Daerah di lingkungan pemerintah daerah yang dibentuk untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat berupa penyediaan barang dan/atau jasa yang dijual.

Salah satu program pemerintah saat ini untuk menghasilkan “link and match” dengan dunia industri adalah mengembangkan sekolah sebagai BLUD.

Menyambut program ini, SMKN 2 Kalianda menggelar kegiatan workshop dengan tema “Pengembangan Sekolah Sebagai BLUD” pada hari Rabu, 02/11/2022 di aula SMKN 2 Kalianda.

Workshop ini merupakan langkah awal bagi SMKN 2 Kalianda untuk mulai membentuk BLUD. Narasumber pada kegiatan workshop ini adalah Kabag Peraturan Perundang-Undangan  Provinsi Biro Hukum SETDAPROV Lampung, Erman Syarif, SH. M.H., M.M. bersama dengan Pendamping SMK PK Nur Falah S.Pi, M.Pi.

Disampaikan dalam materi, bahwa SMK Negeri 2 Kalianda memiliki program studi yang beragam, sehingga memperbesar potensi dalam program BLUD ini. Beberapa contoh sektor yang dapat diberdayakan adalah penyewaan gedung, penyewaan aula, jasa reparasi komputer, jasa reparasi sepeda motor, dan masih banyak lainnya.

Bapak Erman Syarif menyatakan; dengan BLUD yang ada di sekolah, setidaknya ada dua keuntungan yang akan diraih. Pertama, peserta didik akan mendapat peningkatan kompetensi karena bekerja sesuai permintaan pasar. Kedua, pihak sekolah akan mendapatkan income dari masyarakat yang menggunakan layanan BLUD. Income ini dapat dipergunakan untuk memfasilitasi sekolah dan peserta didik, sehingga akan terwujud sekolah yang mandiri dari sisi finansial.

Kepala sekolah merencanakan, dalam waktu dekat SMKN 2 Kalianda akan mulai merintis BLUD, mulai dari berkas, perizinan, maupun sumber daya yang dimiliki.

“Kalau memang kita sudah siap, sekarang kita proses. Jadi tahun depan kita sudah punya BLUD. Yang terpenting kerjasama dan saling bahu membahu dari sekarang. “ tutur beliau.

BLUD merupakan program dari Kemendikbud bagi SMK, terutama SMK yang menyandang status Program Keunggulan (PK).

SMKN 2 Kalianda sebagai satu-satunya SMK PK Lampung Selatan berupaya memberikan teladan bagi SMK lain di Lampung Selatan dalam menjalankan program pendidikan.

Acara ditutup dengan foto bersama antara narasumber dan peserta workshop.

(Editorial HUMAS SMKN2KLD : Dr. Feriyansyah,M.Pd)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.