Ujian Sekolah/Madrasah adalah kegiatan penilaian dalam bentuk ujian tulis dan/atau praktik untuk mengetahui pencapaian standar kompetensi lulusan pada semua mata pelajaran yang tidak diujikan dalam Ujian Akhir Sekolah Berstandar Nasional (UASBN) dan Ujian Nasional (UN).

SMK Negeri 2 Kalianda sebagai salah satu sekolah menengah kejuruan di Lampung Selatan, berupaya untuk terus berkomitmen melaksanakan kegiatan ini dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

SMK Negeri 2 Kalianda mengadakan kegiatan Ujian Sekolah dari tanggal 21 Maret 2021 hingga tanggal 29 Maret 2021. Ini merupakan tantangan besar bagi pihak sekolah untuk tetap konsisten menyediakan fasilitas protokol kesehatan hingga akhir kegiatan.

Beberapa upaya yang dilakukan oleh pihak sekolah dalam melaksanakan kegiatan ini adalah dengan membatasi jumlah siswa per ruangan sebanyak 20 orang. Selain itu, seluruh peserta juga diwajibkan memakai masker sejak memasuki lingkungan SMK Negeri 2 Kalianda. Di dalam ruangan ujian pun, para peserta diarahkan untuk tidak berdekatan dan menjaga jarak. Setiap peserta yang akan memasuki lingkungan sekolah dan memasuki ruangan akan dicek terlebih dahulu suhu tubuhnya untuk memastikan bahwa peserta ujian benar-benar dalam kondisi sehat. Jadi, pengecekan suhu tubuh dilaksanakan sebanyak dua kali yakni di gerbang utama dan ketika hendak memasuki ruangan. Semua peserta juga diwajibkan mencuci tangan dengan sabun dan akan dilakukan penyemprotan dengan hand sanitizer oleh panitia bagi seluruh peserta. Tidak hanya peserta ujian, pihak sekolah juga memperhatikan perangkat yang digunakan oleh siswa dengan cara melakukan penyemprotan desinfektan setiap berakhir sesi ujian.

Peserta ujian yang dibatasi jumlah
Pengecekan Suhu Peserta Ujian
Penyemprotan desinfektan pasca ujian

Harapan pihak sekolah, semua apa yang telah diusahakan oleh sekolah dapat menekan angka penyebaran virus corona dan dapat menjadi batu loncatan untuk dapat terus berkomitmen menyelenggarakan pendidikan di tengah pandemi.