Bang Unan: MAU JADI HORANG KAYAH? Sekolah GEH di ES TE EM Jurusan Bangunan.
Siswa SMP: Iya tah Bang Unan ?
Bang Unan : Oho iya lah! Anak jebolan Es Te EM bangunan bisa jadi mandor, pemborong, pimpinan proyek, arsitek, fasilitator, konsultan proyek-proyek pembangunan. Secara yang namanya pembangunan itu GAK pernah ada brentinya di mana – mana sesuai perkembangan jaman.  Jadi, peluang  dapet kerjaan terbuka lebar  dan gajinya guedee tau! Macam Bang Unan mu ini hehe.
Siswa SMP: Wah iya deh bang , nyak haga  lanjoot di Es Te Em jurusan bangunan  gawoh.

Benar sekali apa yang di ucapkan Bang Unan dalam dialog di atas. Sekolah di Es Te Em Bangunan, dulu orang menyebutnya demikian , memiliki potensi  masa depan karir yang   menjanjikan . Sekarang sudah diganti namanya menjadi SMK teknologi rekayasa,  program keahlian  Teknik Kostruksi dan Properti, kompetensi keahlian BKP ( bisnis konstruksi dan properti dan   DPIP ( desain pemodelan dan informasi bangunan). Kompetensi Keahlian BKP melatih siswanya untuk  merancang  RAB proyek pembangunan dan mensupervisi  jalannya pembangunan. Sementara kompetensi keahlian DPIB membekali siswanya dengan ketrampilan mendesain  struktur bangunan dengan perangkat Teknologi informasi yang canggaih  ( Corel Draw, Auto CAD, dll). Lulusan dari SMK TKP, baik  dari Kompetensi Keahlian BKP ataupun DPIB bisa langsung bekerja  di berbagai proyek Pembangunan di Seluruh Indonesia, apalagi merka yang sudah mengantongi sertifikat kompetensi dari Kementrian PUPR. Mau  melanjutkan studi  ke untiversitas atau  pendidikan tinggi vokasi pun juga sangat bisa . Seperti yang sudah dicanangkan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan khususnya Dit. P SMK dan Dit .Pendidikan vokasi, lulusan SMK itu di proyeksikan menjadi BMW ( Bekerja langsung atau Melanjutkan studi atau menjadi Wirausahawan di bidangnya).

Adik –adik , kalian tahu tidak  kalau SMK Negeri  2 Kalianda adalah satu satunya SMK Negeri di Kabupaten Lampung Selatan yang membuka program keahlian favorit  ini yaitu  Kompetensi keahlian BKP dan DPIB sejak awal berdirinya SMKN 2 Kalianda ini pada  tahun 2000.Dahulu namanya jurusan Teknik Bangunan , dengan konsentrasi Teknik konstruksi Batu Beton (TKBB) dan Teknik Gambar Bangunan (TGB) Sekarang sudah banyak alumni dari program keahlian ini yang sudah sukses meniti karir di bidang konstruksi bangunan . Salah satunya adalah Kak  Heru. Berikut ini adalah profil dari Kak  Heru:

Nama : HERU JULI AGUSTIANI

TTL. Tanjung Heran 28 Juli 1992

Alumni Angkatan Lulus 2011 jurusan  TGB (DPIB)

Pekerjaan : Konsultan, Fasilitator & Kontraktor

Testimoni Jurusan “Arsitektur” : Buat yang belum tau Arsitektur bergelut dalam berbagai permasalahan keruangan, disini saya belajar bagaimana suatu isu keruangan bisa memenuhi berbagai kebutuhan manusia melalui design

Alasan memilih Jurusan: Saya adalah orang yang kepo, bagi saya mengamati lingkungan adalah hobbi. Iya, serius. Saya senang banget memperhatikan orang orang berjalan melalui jendela bus melihat gedung – gedung tinggi disisi jalan, melihat kesenjangan antara menara raksasa dan bangunan kumuh dibawahnya dan isu-isu lain terkait lingkungan sekitar saya. Ketika melakukan hal tersebut, terlintas pertanyaan dibenak saya seperti: Apa yang membuat itu semua terjadi? Bagaimana mereka terbentuk? Bagaimana saya bisa berkontribusi terhadap lingkungan saya?

Kak Heru ini juga kebetulan menjadi fasilitator proyek pembangunan 3 buah RPS  ( gedung praktek Teknik Pemesinan, Gedung Praktek TAV dan Laboratorium  DPIB ( TA 2020) yang hampir selesai pembangunannya di lingkungan  SMKN 2 Kalianda ini  . Waaah bangga nya ya  kak Heru sebagai alumni  menjadi fasilitator proyek pembangunan di kampus tercinta ini. Ini adalah bukti kontribusi kak Heru terhadap lingkungan sekitarnya dan bakti alumni terhadap almamaternya. Bravo dan salut buat kak Heru!

Nah adik-adik kalau kak Heru adalah  salah satu contoh nyata kesuksesan alumni  SMKN 2 di lapangan pekerjaan  Konstruksi dan Properti, berikut ini adalah 4 orang  alumni  fresh graduates dari jurusan yang sama. Tiga diantaranya  berhasil lolos seleksi SNMPTN tahun 2020 di ITERA dan 1 orang berhasil lolos tes SBMPTN tahun 2020  juga di ITERA . Siapa bilang  anak Es Te Em  Bangunan tidak bisa kuliah ? ini nih buktinya: Profil Maba ITERA yang alumni SMKN 2 Kalianda dari Kompetensi Keahlian DPIB:

Nama    : Aglam Zegti.

TTL        : katibung 18 Juli    2002

Alamat : Dusun campur sari Desa Transtanjungan RT.06 RW.03 Katibung Lampung Selatan

Alumni : SMKN 2 Kalianda 2020 Program Keahlian TKP kompetensi Keahlian DPIB

Prestasi: Juara lomba menggambar jurusan.

 Pengalaman, motivasi & saran utk calon siswa TKP: pernah melakukan pengukuran lahan dan menggambar bangunan masjid saat PKL Andalas group, jangan malas untuk mencoba hal yang baru kamu ketahui,bisa saja hal itu berguna disuatu saat nanti.

Kuliah di : institut teknologi sumatra (itera)

Jurusan : arsitektur

Alasan memilih jurusan: ingin mempelajari lebih dalam ilmu arsitektur yg sudah didapat  .

Cita-cita:ingin menjadi pengusaha dibidang bangunan dan memiliki perusahaan sendiri

Nama : Tekad agung suganda

TTL     : kekiling 17 mei 2002

Alamat : Desa kekiling penengahan lampung selatan

Alumni SMKN 2 Kalianda 2020 Program Keahlian TKP kompetensi Keahlian DPIB

 Prestasi: juara 1 mading 3d antar rohis

Pengalaman, motivasi & saran utk calon siswa TKP: pernah pkl di cv raja artha, pernah menjadi  freelancer menggambar gedung sekolah.

 Kuliah di : institut teknologi sumatra (itera)

 Jurusan : arsitektur

 Alasan memilih jurusan: untuk lebih mendalami dunia industri terutama di bidang pembangunan dan desain permodelan.

 Cita-cita: bekerja di salah satu perusahaan bumn dan ingin mendirikan konsultan perencana sendiri.

Keuntungan masuk tkp terutama Dpib adik” dapat mengenal banyak bentuk bentuk bangunan baik interior dan exterior dan kalian juga jurusan tkp sudah terakreditasi A jadi jangan ragu masuk jurusan tkp yah adik”

Nama : Fajar Mustakim

TTL : Sumur Kucing, 23 Oktober 2001

Alamat : Desa Sumur Kucing, Kecamatan Pasir Sakti, Kabupaten Lampung Timur

Alumni SMKN 2 Kalianda 2020 Program Keahlian TKP kompetensi Keahlian DPIB

Prestasi : Juara 1 lomba Mading antar Rohis Tingkat SMA/SMK/MA Se Lampung                Selatan

Pengalaman, motivasi & saran utk calon siswa TKP : Pernah melakukan survey jalan, membuat desain rumah masjid dan taman, jangan pernah menyerah terhadap kekurangan buatlah kekurangan itu sebagai kelebihan mu, bagi adik-adik yang memilih jurusan TKP kalian jangan malu/minder karena banyak kok lulusan TKP yang langsung ketrima kerja dan kuliah

Kuliah di : Institut Teknologi Sumatera (ITERA)

Jurusan : Arsitektur

Alasan memilih jurusan : karena prospek kerja yang jelas dan memperdalam ilmu yg sudah di dapat ketika di bangku SMK

Cita-cita : Drafter

Nama : Nadila Tungga Kirana

TTL     : kalianda, 27 mei 2002

Alamat : Jln. Indra bangsawan, komplek Pemda, Lampung Selatan

Alumni SMKN 2 Kalianda 2020 Program Keahlian TKP kompetensi Keahlian DPIB

Pengalaman, motivasi & saran utk calon siswa TKP: pernah pkl di PT Manunggal Raksa Pratama, pernah merancang pembuatan talud.

Kuliah di : institut teknologi sumatra (itera)

Jurusan : arsitektur

Alasan memilih jurusan: memperdalam ilmu bangunan di dunia industri yang semakin berkembang.

Cita-cita: menjadi Dosen dan memiliki konsultan sendiri.

Keuntungan masuk tkp terutama Dpib adik” dapat mengenal banyak bentuk bentuk bangunan baik interio dan exterior dan jurusan tkp sudah terakreditasi A  jadi jangan ragu masuk jurusan tkp yah adik”

Nah demikin success story kali ini, semoga dapat mnginspirasi adik adik- dan memotivasi adik adik untuk melanjutkan studi di SMKN 2 Kalianda khususnya program keahlian TKP, kompetnsi keahlian BKP dan DPIB dengan  mantap dan percaya diri. Sampai jumpa di success story berikutnya  dimana kita dapat  membuka wawasan tentang SMKN 2 Kalianda dan belajar  dari kesuksesan alumninya . Salam SMK BISA !!! SMKN 2 HEBAT!!!. (nf)