Salam SMK BISA SMKN 2 HEBAT!!!
Adik adik, tahu tidak kalau Provinsi Lampung memiliki areal daratan seluas ± 35.288,35 km2  dengan luas perairan laut Provinsi Lampung diperkirakan ± 24.820 km2. Sementara itu panjang garis pantai Provinsi Lampung ± 1.105 Km, yang membentuk 4 (empat) wilayah pesisir, yaitu Pantai Barat (221 km), Teluk Semaka (200 km), Teluk Lampung dan Selat Sunda (160 km), serta Pantai Timur (270 km). Bisa dibayangkan ya guys kalau pantai di Lampung itu di bentangkan lurus sepanjang 1.105 km. Wah, panjaang sekali melebihi jalan proyek kerja rodi nya gubernur jendral Belanda Deandeles yang 1000 km melintasi hampir seluruh pulau Jawa, mulai dari Anyer di Banten sampai Panarukan di Jawa Timur!
Wilayah pesisir di Kabupaten Lampung Selatan sendiri saja terbentang sepanjang ± 160 Km. Nah wilayah pantai sepanjang itu selain untuk tujuan wisata yang meyerap banyak lapangan kerja bagi penduduk sekitar, juga akan sangat berpotensi meningkatkan perekonomian penduduk di sekitarnya bila di jadikan area budidaya air payau laut lho, mulai dari pembenihan, pendederan sampai pembesaran komoditi air payau laut seperti udang, kerapu, bandeng, rumput laut sampai kerang mutiara. Nah, generasi muda Lampung Selatan bisa banget buat berpartisipasi mewujudkan peningkatan perekonomian wilayah peisisir Lampung Selatan dengan dua cara, yaitu bisa bekerja pada perusahaan agribisnis air payau laut, atau bahkan menjadi wirausaha dibidang agribisnis air payau laut membudidayakan benih atau pembesaran dan pengolahan hasil komoditi air payau laut.
Pertanyaannya sekarang, bagaimana caranya agar bisa memiliki kompetensi kerja di bidang budidaya air payau laut? Gampang, ayo sekolah di SMKN 2 Kalianda! Di sini, ada 10 program keahlian favorit lho, satu di antaranya program keahlian agribisnis perikanan dari rumpun Kelautan dan Kemaritiman. Dalam Program ini di tawarkan dua kompetensi keahlian yaitu kompetensi keahlian agribisnis perikanan air payau laut ( satu satu nya di Lampung Selatan) dan agribisnis perikanan air tawar. Di program ini siswa akan di ajarkan kompetensi BMW: budidaya perikanan air payau laut mulai dari pembenihan, pendederan, pembesaran, pengepakan , rekayasa kualitas air, produksi pakan (buatan /alami) yang tersertifikasi sehingga siap BEKERJA di berbagai perusahaan agribisnis perikanan air payau laut yang tersebar di wilayah Lampung Selatan sendiri ataupun di berbagai tempat di Indonesia. Siswa juga diajarkan cara ber- WIRAUSAHA dibidang agribisnis perikanan air payau laut sampai kepada wirausaha produk frozen food olahan dari komoditi air payau laut seperti bakso ikan/udang, sosis ikan/udang, naget ikan/udang, rumput laut, kerupuk/pletekan dll. Mau MELANJUTKAN kuliah setelah tamat SMKN 2 perikanan air payau laut pun juga bisa . Banyak kakak kakak alumni program ini yang melanjutkan kuliah ke POLINELA/UNILA di fakultas yang sama melalui jalur prestasi /undangan atau SBMPTN.


Nah, success story kita kali ini tentang kakak alumni dari program keahlian perikanan yang sudah melanglang buana di dunia pertambakan udang di Lampung Selatan ini. Namanya Kak Nuke. Berikut adalah data kak Nuke:

Nama : Nuke Andri Setiawan;
Angkatan : 2004-2007,
Jurusan : (dulu namanya ) Perikanan;
Prodi : (dulu namanya) Nautika Perikanan Laut.
Pengalaman Kerja Kak Nuke di bidang pertambakan udang:

  1. Section Head Aquaculture di PT. Wachyuni Mandira (CP. Prima Group) tahun 2010-2014.
  2. Riset & Development Supervisor Aquaculture di PT. Gold Coin Specialities (Gold Coin Group) tahun 2014-2017.
  3. Technician Aquaculture di PT. Suri Tani Pemuka (Japfa Group) tahun 2018-2020
  4. Technical Service Aquaculture di PT. Gold Coin Specialities (Gold Coin Group) tahun 2020- sekarang.

Pesan Kak Nuke untuk adik adik agar selalu serius dalam belajar dan berlatih kompetensi keahlian agribisnis perikanan air payau laut, karena komoditi air payau laut khususnya udang selalu menjadi primadona di pasaran dan sangat menjanjikan pendapatan yang lumayan bagus. Bahkan di masa krisis ekonomi sekalipun, komoditi udang dan olahan udang selalu tinggi di luar negeri dan di dalam negeri. Jangan pernah sekalipun merasa inferior atau minder dengan program keahlian perikanan, karena justru program ini yang banyak menyerap tenaga kerja fresh graduate SMK . Syaratnya kita harus rajin dan bekerja keras, Insya Allah akan berhasil.
Salam SMK BISA SMKN 2 HEBAT!!!