Salam SMK BISA – SMKN 2 Kalianda Hebat !

Pada episode perdana ini kolom “Success Story” akan memperkenalkan sosok 4 orang alumni SMKN 2 Kalianda dari Program Keahlian Teknik Mesin, Kompetensi Keahlian TKRO (Teknik Kendaraan Ringan Otomotif). Sebagai salah satu dari 10 kompetensi keahlian favorit di SMKN 2 Kalianda, dengan bangga kami perkenalkan 4 orang alumni yang sekarang sudah bekerja sebagai karyawan tetap di TUNAS TOYOTA BALARAJA. Mereka adalah :

  1. Andi Saputra (alumni 2018)
  2. Ahmad Sumiran (alumni 2018)
  3. Dedi A (alumni 2020)
  4. Agustian Arif (alumni 2017)

Untuk sampai pada posisi mereka saat ini, mereka telah menempuh ujian yang berlapis, mulai dari tes TPA, tes tertulis tentang pengetahuan dan ketrampilan ortomotif di kantor ASTRA Jakarta, dan magang beberapa bulan di Tunas TOYOTA Service sampai akhirnya diangkat menjadi pegawai tetap di TUNAS TOYOTA BALARAJA sebagai mekanik (Andi Saputra, Ahmad Sumiran, dan Dedi A) dan senior mereka Agustian Arif sebagai SA (Service Advisor).

Dulu keputusan untuk bersekolah di SMK teknologi, khususnya di Kompetensi keahlian TKRO SMKN 2 Kalianda adalah hal yang sangat mereka syukuri saat ini. Karena mereka sangat ingin langsung bekerja setelah tamat sekolah menengah agar mereka bisa mandiri dan membantu perekonomian keluarga. Sekarang mereka sudah dapat memenuhi keinginan mereka karena pendapatan dari posisi sebagai mekanik di TUNAS TOYOTA Service cukup memuaskan.

Satu pesan mereka kepada adik-adik di SMKN 2 Kalianda yaitu belajar dan berlatih sungguh-sungguh ketika masih menempuh diklat di SMKN 2 Kalianda, dan banyak ikut kerja latihan mengerjakan order di UP (Unit Produksi) dan TEFA (Teaching Factory) karena hal itu akan menambah banyak jam terbang mengoperasikan alat dan mesin sehingga ketika kita ikut tes seleksi pekerjaan kita bisa lebih unggul dan terampil.

Seperti kita ketahui sebagai insan yang berkecimpung di dunia SMK, khususnya rumpun teknologi dan rekayasa, SMK memiliki target capaian pendidikan yang jelas dan komplit yaitu BMW. Bila inging BEKERJA, lulusan SMK sudah tersertifikasi kompeten di bidangnya. Jika ingin MELANJUTKAN STUDI pun oke, karena selain belajar mapel kompetensi kejuruan (C1,C2, dan C3) di SMK kita juga belajar Mapel yang sama dengan Pendidikan di SMA. Atau jika kita ingin berwirausaha pun sudah siap, karena kita sudah dibekali dengan Mapel PKKWU (Produk Kreatif dan Kewirausahaan) yang melatih kita bekerja sebagai wirausaha di bidang keahlian kita masing-masing.

Satu lagi tambahan dari kakak Ahmad Sumiran, jika adik-adik siswa SMKN 2 Kalianda ingin bekerja di perusahaan otomotif terkemuka di Indonesia, sertifikat pemenang lomba kompetensi akan sangat menunjang dan menambah nilai lebih dalam proses seleksi pekerjaan seperti lomba LKS baik tingkat kabupaten, provinsi, atau nasional seperti yang dialaminya sebagai juara 1 LKS bidang TKRO di Kabupaten Lampung Selatan. Jadi, ayo semangat berlomba kompetensi masing-masing ya. Salam SMK bisa SMKN 2 Kalianda Hebat !!!